Belalang Dikonsumsi....?????

Postingan saya kali ini akan membahas tentang belalang yang oleh sebagian masyarakat kita dijadikan makanan favorit. Terus terang saya sendiri adalah orang yang hobi mengkonsumsi belalang. Di daerah asal saya di Gunung Kidul sudah menjadi kebiasaan masyarakat mengkonsumsinya. Entah bagaimana cerita asal mula belalang ini bisa dikonsumsi. Tetapi menurut banyak orang didaerah itu, belalang termasuk hewan yang mengandung protein tinggi. Oleh karena itu bila dikonsumsi oleh orang yang mempunyai daya tahan tubuh kurang, maka akan menyebabkan bentol bentol alergi, Dan orang saya menyebutnya biduran. Belalang termasuk golongan hewan herbifora, yaitu hewan pemakan tanaman. Kalau sedang musim belalang bisa-bisa tanaman padi satu lahan habis digerogotinya. Belalang ini paling enak menurut saya kalau digoreng sampai kering. Namun ada juga yang dimasak bacem. Cara pengolahanya yang rada rada jijik membuat sebagian orang yang hobi mengkonsumsinya lebih baik membeli yang sudah jadi. Sebab ada juga home industri yang khusus mengolah belalang ini menjadi makanan khas GunungKidul. Harga 1 toples kecil rata rata 20rb rupiah. Dengan hanya mengeluarkan uang yang tidak begitu mahal kita bisa mencoba mencicipi makanan khas daerah Gunungkidul, atau hanya untuk sekedar menghilangkan rasa kangen pada kampung halaman. Catatan ini terinspirasi dari teman saya yang penasaran akan rasa belalang ??????????????????

3 comments:

  1. tanda tanya itu apa ya isinya,,ojo2 virus mengko hehheh

    ReplyDelete
  2. tenang saja mas broooo.... itu hanya sekedar inter mezo kok.....

    ReplyDelete
  3. Sekarang udah menjelang musim hujan, bakalan seru berburu walang nich... hehe

    ReplyDelete