Cara Service TV Sony Mati Total

Hari ini Hari yang Sangat melelahkan,,, TV sony 29" jadul tambah banget,,,. :D. Mendengar kata Sony bagi sebagian teknisi tv adalah momok yang menakutkan. Karena disamping susah untuk mendapatkan komponen,, juga cara kerja yang diputar puter di setiap blok rangakaianya. misalpun mentok harus ganti mesin cina akan sangat susah memodifikasi soket crt dan defleksi yooke nya agar lebih awet.

Pak budi salah satu konsumen yang ada di tigaraksa tangerang,, siang tadi meminta saya untuk datang kerumahnya untuk menyervice tv nya bermerk Sony. Sebenarnya ingin di bawa ke bengkel saya ,, berhubung tvnya gede dan berat maka nyuruh saya yang datang kerumahnya.  Setelah sampai dirumanya saya dapati tv sony telah berada di bawah dan siap untuk di service.

pertama saya nyalakan, ternyata tv tersebut dalam keadaan mati . nggak nyala sama sekali. setelah saya cek ternyata bagian horizontalnya bermasalah. ada yang short. setelah di cek ternyata transistor horizontal short, setelah saya cabut tanpa transistor, masih saja saya dapati jalurnya short, saya kira plybacknya ternyata setelah saya ukur kembali dioda zener r2k untuk tegangan 135vnya yang short, setelah saya ganti  dioda tersebut tv dan pasaang transistor horizontalnya tv nyala,, namun tidak lama kemudian tv mati. dan lagi lagi dioda tersebut yang short.

setelah saya cabut dan saya nyalakan tanpa zener dan transistor didapati tegangan naik menjadi 150v,, pikir saya ini yang menyebabkan dioda zener putus terus. akhirnya kecurigaan menuju ke pada blok regulatornya. saya curiga pada elko regulator dengan nilai 47uf/50v, saya ganti dan babat habis semua elko yang ada di regulator, dan benar tegangan menjadi normal 137v,, setelah saya ganti dioda zenernya dengan yang baru dan pasang transistor horizontalnya,, tv nyala,, kemudian burning dilakukan selama satu jam, sambil ngopi. tv masih baik baik saja. kemudian tv saya tutup dan jadi sudah pekerjaan hari ini. TV sony tahun jadul 29".

Demikian sekilas tentang Cara Service TV sony jadul. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment