Cara Service TV Sanken Mati Terbakar


Hari rabu kemarin saya baru tiba dari kampung. Lha kok kebetulan belum lama beres beres rumah bersama istri, salah tetangga datang membawa tv merk sanken yang mati terbakar. Karena rumah masih berantakan dan jelas belum bisa menggarap TV tersebut saat itu juga, TV saya sarankan untuk di tinggal dulu. Dan yang punya TV pun mau untuk meninggalkan TV nya di rumah saya.

Setelah selesai beres beres rumah sekitar jam 2 siang TV langsung saya kerjakan. TV saya bongkar dan saya bersihkan. Terdapat Capasitor di bagian Horizontal-nya terbakar. Tepatnya capasitor tambahan untuk filter pada transistor HOT.  Capasitor di paralel bersama dengan capasitor nilai 822n/1600v.
Dan nilai capasitor yang terbakar tersebut sudah tidak bisa terbaca lagi. Karena memang benar benar hangus. Namun menurut saya ini adalah capasitor tambahan untuk size horizontalnya.
Dan biasanya nilai capasitor yang ada adalah 912n/1600v. akhirnya capasitor 822n/1600v saya lepas dan saya ganti dengan nilai 912n/1600v dan mencabut capasitor yang terbakar.
setelah penggantian selesai TV saya nyalakan. dan benar saja TV nyala dengan sempurna. Hmmm,, akhirnya selesai juga TV sanken tersebut.Tinggal nganterin kerumahnya yang punya nih.

Demikian Cara Service TV Sanken Mati Terbakar.

6 comments:

  1. tinggal anterin dan dapat imbalanya ya bro...ohya bro kalo tv saya rusak gara2 terakar gimana bro bisa gak dibenerin tinggal tabungnya sich..hehehe piss

    ReplyDelete
  2. Mbah Daur.. TVnya hendak di daur ulang tuh.

    ReplyDelete
  3. slm knl ms,ak dpt srvs tv fujitec 14' gjl gmbr melebar kiri kanan dn gmbr jd dobel kyk melipat gt,kr2 bgn mn yg rsk ms,mks bntnnyaa sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas muri,,, fujitech memang termasuk tv model jadul,,, dan biasanya tv model ini memang bermasalah untuk di bagian horizontal sizenya,,, kerusakan yang biasa terjadi pada tv model ini adalah capasitor untuk h.Line dan kurang pas-nya nilai untuk capasitor damper-nya,,, yang biasa kisaran nilainya adalah 91.2n-183n/1800v,,,,

      Delete
    2. LCD POLITRON stlh 3 mnit LCDnya mati tpi suaranya ada, tak matikan lalu saya start stlah 3 mnt layarnya mati lgi

      Delete
    3. mas ali,,, coba panjenegan cek untuk bagian inverternya,,, inverter berfungsi untuk menghidupkan lampu belakang atau biasa di sebut lampu 'neon' yang terdapat di layar lcdnya,,,atau bisa jadi lampu 'neon'nya yang salah satu ada yg sudah mati,,,

      Delete