Panen Kacang Di Kebun Simbah


Seminggu yang lalu ketika masih di kampung saya berkesempatan ikut Panen Kacang di kebun-nya simbah. Gunungkidul selain terkenal dengan gaplek-nya juga terkenal pula komoditas Kacang tanah-nya. Karena sebagian besar penduduk di gunungkidul rata rata setiap tahun menanan kacang 2 kali.
Biasa di kenal dengan panen "rendhengan karo ketigo" yang artinya dalam bahasa indonesia adalah panen musim hujan dan panen musim kemarau.
Tanah pertanian di Gunungkidul rata rata adalah berjenis "tanah tadah hujan", yang artinya adalah bisa di tanami jika saat musim hujan telah tiba , karena memang tidak dapat dialiri aliran sungai. Bagai mana mau dialiri aliran air sungai lha wong air sungainya aja kering tidak ada air-nya,,, hehhehe.
Masa tanam hingga panen untuk tanaman kacang tanah membutuhkan waktu lebih kurang 4 bulan. Sehingga untuk 4 bulan setelah-nya bisa di tanami kembali, karena musim hujan-nya belum habis. Dan panen yang terakhir inilah yang di sebut "Panen Ketigo", atau panen kemarau. Sebab pas musim kemarau tanaman kacang baru siap di panen.
Liburan kali ini saya bersyukur karena masih berkesempatan ikut panen kacang di kebun simbah. Sebab di kebun orang tua kami kacang sudah selesai di panen semua.
Pagi pagi sekitar jam 9 kami berangkat ke kebun. membawa bekal ala kadarnya. Biasanya sih  wedang teh pait + makanan sarapan seperti enthog dan tempe bacem. Kebetulan saat itu paginya simbah putri sengaja bikin untuk di bawa bekal ke kebun.
Sesampainya di kebun langsung beraksi mencabuti satu demi satu tanaman kacang. Namun setelah beberapa saat simbah putri selesai menyiapkan jamuan khas kebun, yaitu teh pait + enthog dan tempe bacem.
Sungguh nikmat sekali menikmati ngumbe wedang neng ngalas, sudah hampir 3 tahun saya tidak menikmati hal seperti ini.
Jam 12 siang kami kembali istirahat dan menikmati menu makan siang di ngalas. dan saat itu menu yang tersedia adalah jangan lombok ijo dan kerupuk. tetap  pokoknya mantap dech makan dan minu teh di kebun.

Demikian sedikit cerita tentang Panen Kacang Di kebun.

3 comments:

  1. itu ngacungin 2 jari maksdunya apa bro,masih dua karung lagi atau yang didepan saya ini nomor satu dari dua nganu yang saya punya gt...hmmmm tapi mantaaap panen kacang tanah,kalo tempatku bilang kacang brol..gkgkg

    ReplyDelete
    Replies
    1. ups,,,, ketahuan lagi ngacung dua-nya,,,, xixiixixi

      Delete
  2. kacang goreng kacang godok kacangkem,,,,,,,wkwkwk

    ReplyDelete