Cara Service TV Toshiba 21" Flat

Hari kamis kemarin saya diundang kerumah tetangga saya di blok C9/12, dengan maksud untuk menyervis tv-nya yang rusak. TV merk toshiba lama 21" flat. Kondisi mati, star pertama lampu indikator nyala tetapi beberapa saat mati kembali.
Tanpa tunggu lama tv saya bongkar. Saya kaget bukan main setelah saya buka tutup belakang, ternyata didalam tv ada penunggunya.
Penunggu tv tersebut adalah seekor cicak yang hangus terbakar setelah tempat yang ia tempati adalah ternyata blok regulator tegangan 220V-400V. "Hmm....ini dia pemyakitnya".
Papan board langsung saya preteli, saya bersihkan dari debu dan bekas cicak yang mati karena hangus terbakar. Saya lakukan solder ulang dan saya amati apakah ada komponen yang ikut hangus terbakar. Ternyata tidak saya temukan. Kemudian tv saya rakit kembali, kemudian saya nyalakan. Ternyata hasilnya masih sama saja.
Saya lakukan pengukuran disetiap titik regulatornya. Didapati tegangan suplay driver untuk transistor regulatornya ngendut, saya lakukan pergantian elkonya yang berukuran 100uf/50v. Setelah penggantian elco tersebut tv kembali saya nyalakan. Hasilnya mak pyakk.... pertanda tv mau on atau start. Beberapa saat kemudian layar tv nyala biru. Tetapi masih ada keganjilan dibagian atasnya terdapat garis garis horizontal. "OW.......Ternyata bagian vertikalnya juga bermasalah to?" . Lalu saya lakukan penggantian elko 100uf/35v diblok vertikalnya. TV kembali saya nyalakan,,,hasilnya tv nyala sempurna dan gambarpun keluar dengan sempurna.
Saya lakukan burning selama 1/2 jam sambil menghisap sebatang SUPER untuk melepas lelah. Setelah burning selesai tv saya tutup kembali, dan tinggal nunggu bayaran. Hmmm .... terimakasih Tuhan pekerjaan ini nikmat juga.

4 comments:

  1. akkkkkkh kl cm ganti elco doank sich saya juga bisa boss... tp msalah bnr apa gak say gak jamin.. hahahaha... emang enak kok jadi tukang service.. gak ada yang nawar bayaranya..hahah

    ReplyDelete
  2. @ipin.... ya kadang kadang ada juga yang nawar,,,,,klo dapet apesnya kerja bakti doang juga pernah alias tidak dibayar..... ckckckkckck

    ReplyDelete
  3. Betul betul sering gua juga begitu istilah sunda namah kur cai atah hungkul alias kerja bakti sedkoh.he he tpi kalo ada apa2 lg di situ beraksi jangan gampangan berpikir gmana supaya ga di gratisin lagi.

    ReplyDelete
  4. Betul betul sering gua juga begitu istilah sunda namah kur cai atah hungkul alias kerja bakti sedkoh.he he tpi kalo ada apa2 lg di situ beraksi jangan gampangan berpikir gmana supaya ga di gratisin lagi.

    ReplyDelete