Cara Service TVcina Lama Lama Gambar Blanking Merah

Tadi siang saya mendapat panggilan service tv dirumah salah satu kerabat teman saya, namanya bpk Parjianto. TV-nya merk Telesonic dgn dalaman mesin Cina. Problem tv tersebut adalah lama kelamaan gambar tv berubah menjadi blanking merah, kurang lebih setelah dinyalakan 5 menit.
"Wah jangan jangan tabungnya " pikir saya. TV saya bongkar, saya bersihkan, saya amati komponen seperti elko suplay tegangan vidio masih normal. Namun tetap saya mencoba menggantinya dan hasilnya masih sama saja.
Perburuanpun langsung tertuju pada blok rangkaian vidio. Pertama saya melakukan tes terhadap tabung-nya. Ternyata tabung baik baik saja. Selanjutnya saya melakukan cek pada transistor penguat vidionya. Ternyata transistor juga baik baik saja. Setelah itu saya lakukan solder ulang pada blok vidiona, setelah saya nyalakan ternyata hasilnya masih tetap sama saja.
Akhirnya saya lakukan pencucian menggunakan cairan tinner pada jalur vidio board. Setelah menunggu mengeringkan beberapa saat saya coba nyalakan. Ternyata terjadi kebakaran,,, keluar asap yang tidak saya duga, dibawah transistor penguat warna merahnya.
Saya lepas dan lakukan cek terhadap transistor tersebut. Dan ternyata transistornya baik baik saja.
"Nah lho.... terus apa yang menyebabkan ngebul ini" tanya saya dalam hati. Saya teliti dengan cermat ternyata PCB atau papan boardnya yang tepat dibawah transistor penguat warna merah gosong. Dalam kodisi basah karena tiner karbon tersebut menjadi resistansi yang kemudian terbakar karena kuat arusnya.
"Berarti ini biang penyebab kalo kondisi panas gambar menjadi blanking". Kemudian bagian yang gosong tersebut saya bersihkan dengan cara saya lubangi dan saya lakukan penyambungan transistor secara manual (tanpa pcb).
Setelah semua benar benar aman TV kemudian saya nyalakan, dan hasilnya gambar keluar normal. Saya lakukan burning selama setengah jam. Selagi TV masih dalam kondisi burning saya menghisap sebatang SUPER untuk melepas lelah. HMMM........ trimakasih Tuhan atas nikmatMu ini....

2 comments:

  1. bro..ada order ps 1 gmn bisa service kapan... pntg..4x4 = 16...

    ReplyDelete
  2. Waduh,,, kayaknya untuk PS kurang nanganin brooo.... dari pada malah teracak acak ria....

    ReplyDelete