Cara Mengatasi TV yang Start Pertama Listrik Turun

Kemarin ada salah seorang pelanggan datang membawa TV merk Toshiba yang setiap dinyalakan listrik dirumahnya langsung turun. Tetapi kadang kadang TV nyala normal. Setelah saya cek dan coba nyalakan di bengkel saya ternyata TV baik baik saja, dan listrikpun tidak turun. Sudah saya coba nyalain matiin berkali kali tetapi masih saja tak ada masalah. Pemikiran saya langsung tertuju pada jaringan listrik dirumahnya yang tidak beres.

Tetapi si pelanggan tetap saja mengelak karena listrik dirumahnya dipakai buat TV-TV yang lain tidak ada masalah. Okelah kalo begitu. Jalan satu satunya ialah menambah R strarting pada bagian regulatornya , yaitu pada jalur AC nya. Saya modif menggunakan R dengan nilai 20 Ohm/20W. setelah saya coba dan panaskan hingga ber jam jam tidak ada masalah, Tv saya antar ke rumahnya dan saya coba di rumahnya. Start pertama tidak ada masalah. Listrikpun juga tidak turun. Saya coba matin -hidupin hingga berkali kali juga tidak turun.
Akhirnya Tv pun saya nyatakan beres.
Akhirnya saya pulang dengan senang. Demikian cara modifikasi TV yang Start Pertamanya Listrik Turun.

1 comment:

  1. Makasih tips mengatasi tv yang start pertama turun

    ReplyDelete