Tempatku Mencari Belalang Berubah Jadi Terminal Bis

Dahulu tempat kami di gunung kidul sangat sepi banget. Aku ingat waktu itu tempat tinggalku jalan masuk kedesa masih jalan setapak yang sempit dan berbatu campur tanah. Penerangan jalan belum ada dan penuh dengan pepohonan yang rimbun.
Memasuki tahun 90an terjadi perubahan. Mulanya pemerintah kabupaten gunung kidul mempunyai rencana akan membangun jalan lingkar kota, agar pembangunan kota gunung kidul merata. Rencana itu ditanggapi sangat antusias oleh warga gunung kidul. Kebetulan jalur lingkar kota tersebut lewat jalan di desa kami. Jadi jalan desa kami terkena pelebaran. Aku masih ingat waktu itu ganti rugi tanah beserta pohon yang ditebang keluargaku mendapatkan gak sampai Rp.100rb. Tapi tidak apa2lah demi kepentingan pembangunan kota warga desa kami menerimanya dengan ikhlas. Akhirnya alat berat dikerahkan untuk meng-exekusi pelebaran jalan.
Saat itu kami anak2 menyaksikan dengan gembira dan heran melihat alat yang begitu besar2 dan kuat dalam merobohkan pohon maupun bangunan. Pengerjaan di desa kami dilakukan kurang lebih membutuhkan waktu 1 minggu. Setelah pengerjaan selesai jalan didesa kami tampak lebar banget. Seperti tak biasanya kami melihat hal tersebut.
Berawal dari itu pembangunan di kota kami berkembang dengan pesat. Dan sekarang angkutan umum sudah lewat jalan di desa kami. Penerangan jalan pun sekarang sudah ada.
Malah sekarang terminal bis kabupaten gunung kidul rencana akan di pindah tepatnya di desa kami tersebut, yang menempati tanah khas desa yang sudah dibeli oleh pihak pemerintah pusat. Dahulu tanah/kebun itu adalah tempat kami dan teman teman mencari belalang. Dimana belalang adalah makanan khas kabupaten gunung kidul. Sekarang saya, klo pulang dan ketempat itu, hanya bisa melihat dan mengenang tempat itu, dan membayangkan masa masa indah bersama temen2.

4 comments:

  1. hihihi,,,, dulu pas aku mau ikut cari belalang gak boleh. terus aku nangis,hihihihemhem,,,,

    ReplyDelete
  2. hehehhe...kenangan yang tak terlupakan...

    ReplyDelete
  3. hahaha....wis ora iso golek walang neh......hemmmm

    ReplyDelete
  4. @siuss...huahhhhaaaa.....goleke saiki neng kiwo tengen kuburan....karo neng wetan mokol....
    tapi tak saranke mending tuku matenge wae...ra repot2 nggolek....

    ReplyDelete