service tv philips

Tadi siang aku dapet panggilan untuk service tv di tmpat temen. Setelah aku bertandang kerumahnya ternyata sudah siap di meja 2 buah tv untuk saya service. Kedua tv tersebut ternyata milik pabrik temen saya bekerja yang diminta untuk di service.
Setelah dilihat lihat tv tersebut bermerk philips. Setelah saya bongkar dan saya test ternyata tv tidak nyala.
Petualangan berlanjut, aku mulai pengukuran dibagian power regulator. Ternyata disana tidak ada masalah. Yang kedua pengukuran berlanjut ke out put power regulator. Di sana aku nemuin tegangan yang harusnya 110-113v berubah menjadi 70-80v. Dari situ saya mulai curiga, pengecekan komponen terutama elco sekitar tegangan tersebut saya lakukan. Dan diketemukan elco 100uf/160v bocor di bagian bawah. Setelah penggantian selesai tv pun saya coba nyalakan. Dan mak pyak...tv nyala..alhamdulillah tampil juga gambarnya. Setelah itu saya lakukan pengetesan dan ternyata fungsi tombol kurang bagus. Akhirnya dilakukan penggantian tombol. Sekarang tv sudah kembali normal lagi.
Berlanjut ke tv yang kedua, ceritanya tv tersebut error program. Jadi chanel gak bisa di pindah. Kemudian langsung saja saya ganti tombol chanel dengan yang baru. Setelah penggantian itu tombol kembali normal dan chanel bisa di pindah naik maupun turun.
Selesai dech tinggal nunggu bayaran..hehehhehee

4 comments:

  1. TVnya siapa itu ko? kalau servis panggilan biasanya barang belum jadi, wedangnya sudah keluar haha..

    ReplyDelete
  2. tv orang pabrik daerah starwin wik....wes...ngopi wedang keluar semua...tambah super sebungkus...hehhahaha

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah garapan kriuk2 kang

    ReplyDelete
  4. @om nugroho....iya om alhamdulillah bener2 kriuk2
    terimakasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete