Hukum Sebab Akibat

Segala sesuatu (akibat) berasal dari suatu kondisi (sebab). Misalnya kecambah, dia tumbuh tergantung pada tanah, kelembaban, suhu, dan matahari. Jika terdapat suatu kondisi yang kurang baik maka akan berpengaruh buruk juga pada pertumbuhan kecambah tersebut. Gegitu juga misalnya lampu minyak, nyala lampu minyak tergantung pada sumbu dan minyak lampu. Jika sumbu telah habis dan minyak juga telah habis maka lampu minyak tersebut akan segera padam.
Begitupun didalam diri manusia, segala yang kita dapatkan ini semua tidak terlepas dari apa yang telah kita lakukan. Saya mengutip perkataan Master Cheng Yen seorang tokoh pendiri yayasan Budha Tzu Chi, di dalam kata katanya dia bilang gini:
"Jika ingin melihat masa lalu lihat keadaan sekarang, Jika ingin mengetahui masa depan lihat tindakan kita sekarang".
Begitulah apa yang disampaikan Master Cheng Yen. Dari situ saya berfikir terus tentang diri saya, apa yang terjadi sekarang pada diri saya berarti tidak terlepas dari apa yang saya lakukan di masa lalu. Dan aku juga berfikir apa yang saya lakukan sekarang akan sangat berpengaruh di masa yang akan datang.
Maka hanya dengan menanankan sebab sebab yang baik maka kita akan memperoleh akibat yang baik pula.
Sedikit tulisan ini semoga bermanfaat bagi kita yang membacanya. Dan selalu berfikir positif agar jalan hidup ini selalu positif.

2 comments:

  1. semoga hari esok legih baik dari hari yang sekarang,,,!yesss nooo..

    ReplyDelete
  2. Di balik segala jenis masalah yang menghadang kita,sebenarnya terdapat banyak sekali kesempatan emas untuk kehidupan sukses kita

    ReplyDelete