Cara Membuat Tegangan AFC Pada FBT

Sering sekali saya menjumpai melakukan service TV yang sudah susah sekali untuk mendapatkan komponen, karena sudah tergolong langka, dan sudah tidak ada lagi di pasaran. Contohnya saya pernah punya kasus service TV merk Fujitech 29". Namun setelah saya bongkar daleman isinya adalah mesin cina keluaran lama. kira kira yang keluaran tahun 2004-2005.

Usut punya usut TV tersebut memang sudah pernah ganti mesin sekitar 8tahun yang lalu. Setelah saya coba ternyata TV mati total alias MATOT,  Setelah saya bongkar selidik selidik fuse di bagian power suplaynya  kebakar. Langsung saya telusuri penyebab fuse tersebut bisa terbakar. Ternyata transistor regulator short, dan beberapa komponen sekitar ikut mati. Langkah selanjutnya melakukan pemberesan di bagian tersebut, setelah penggantian beberapa komponen regulator sempat ada jejek jejak kehidupan, namun kali ini terdengar suara cicak cicak di dinding ,,, hehhehe,,,  langsung kecurigaan tertuju pada bagian horizontal, disana saya dapati transistornya short,, penggantian pun dilakukan guna menghidupkan tv tersebut,, Namun ternyata setelah penggantian transistor horizontal tvpun tidak kunjung hidup,, malah transistor horizontal panasnya tidak karuan,,, dibanding jidat saya panasnya lebih panas itu,, hehhehe,,, padahal saya sudah panas banget nih gara gara gak hidup hidup tv nya.

Ternyata setelah saya lakukan pengecekan, FBT dengan kode BSC 26-XXXX lupa belakangnya,,, itu rusak dan short dengan jalur afc-nya,, dan menjalar ke jalur jalur yang lain,,, pantas saja bisa semuanya yang mati... hadewhh,,

Sudah sampai tahap itu permasalahanpun belum juga tertangani,, sebab fbt dengan seri bsc26-XXX tersebut sudah tidak ada lagi di pasaran sekitar tempat tinggal saya. Udah kepalang tanggung saya berinisiatif menggantinya dengan fbt yang bari namun beda seri yaitu BSC 27-XXX belakangnya juga lupa.  Setelah barang didapat yang tidak sama tadi, saya mencoba mencari data sheet dari fbt bsc 27-XXX tersebut dan melakukan pencocokan data sheet denganyang aslinya yaitu bsc 26-XXX,,,

Pencocokan data sheet berlangsung lumayan lama karena harus mencari di dunia maya dulu,, dan ketemulah data sheet pin kaki fBt tersebut, Ternyata ada perbedaan yang sangat signifikan antara letak pin kedua FBT tersebut. Dan Ada perbedaan tegangan yang harusnya ada di FBT yang 1,, dan tidak ada teg, di FBT yang satunya. Perbedaan tersebut adalah pada FBT dengan seri BSC 27-XXX tidak memakai tegangan afc yaitu 24volt, dan di FBT sebelumnya dengan seri bsc 26-XXX memakai tegan tersebut.

Pemasangan pertama hal tersebut saya abaikan, toh cuma afc,,, tapi ternyata efeknya sangat berpengaruh sekali,,tidak adanya  tegangan tersebut menyebabkan,, OSD pada TV tidak keluar, dan gambar menjadi bergeser phase nya,, selain itu suara juga menjadi tidak ada,, padahal bagian audionya normal. 

Tidak ada cara lain selain harus membuat tegan sendiri, menggunakan kabel ukuran kecil bekas kabel vga yang di kupas, ambil kabel kecilnya,, lilitkan pada ferid FBT sebanyak 6X lilitan, namun lebih bagusnya ukur tegangan yang dihasilkan  narmalnya adalah 24volt. Setelah penambahan tegan tersebut gambar menjadi normal suara keluar, dan osd menjadi ada.

Setelah itu masuk service mode atau factory mode ntuk melakukan adjustmen agar tv kembali seperti semula. Akhirnya kerjaan TV 29" ini kelar juga walau harus menguras segala kekuatan ,,, hahahahha kayak orang habis perang saja ya,,, hihihi

Demikianlah cara membuat tegangan afc pada fbt, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment