Cara Service TV China Merk ADVANCE Gambar Melebar

Sore kemarin barusaja saya menyelesaikan TV china merk ADVANCE yang mati total. TV ADVANCE 21" Flat slim mati total disertai bunyi kecil seperti detak jantung. Awalnya TV nyala, tiba tida lampu padam tanpa sebab dan akibat,, setelah lampu kembali menyala tv sudah tidak mau start kembali.  Bahkan lampu indikatornya sudah tidak mau menyala. Mengindikasikan bahwa tv tersebut sudah dalam keadaan mati. Tidak pakai pikir lama TV tersebut langsung di bawa ketempat saya. kerena bentar lagi pertandingan bola U19 vs Pra-PON jawa timur akan segera di mulai.

Setelah sampai di tempat saya, TV langsung saya bongkar, Saya bersihkan dulu dari debu yang mengotorinya. Setelah dirasa cukup TV langsung saya lakukan pengecekan bagian horizontal. Dan saya dapati Transistor horizontal short, saya lakukan penggantian, dan alhasil tv menyala. setelah menyala saya perhatikan kok gambar melebar kekanan dan kekiri. Aduhhh,,, masalah nya ternya disini, awal dari horizontal mati tersebut. telusur punya telusur, saya temui ada yang aneh di bagian hor.size nya. penguat hor.size-nya menggunakan  transistor dengn seri A903, setahu saya kode A itu adalah penguat untuk teg. minus, dan biasanya kalo penguat hor.size menggunakan TIP122 atau sejenisnya, yang notabene adalah penguat teg.positf.

Setelah melakukan pengukuran ternyata memang transistor terseut dalam keadaan short, haduwhhh pusinbg juga nih mlm mlm cari komponen dengan seri yang sama. Karena petualangan dan penjelajahanpun sudah saya lakukan namun tidak menemukan hasil, akhirnya saya melakukan experimen, mengganti transistor A903 tersebut menggunakan tip 32, kebetulan stok TIP tersebut lumayan banyak, karena memang untuk persiapan pengerjaan power amplifier.

Alhasil setelah penggantian tersebut tv kembali normal. pas saya stel tv pertandingan U!(vs Pra PON jatim mulai,, akhirnya ngopi dulu bersama pemilik tv dan nobar di bengkel sekalian burning tvnya.

demikian cara service tv advance mati total, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment