Cara Service Speaker Aktif Suara Mendengung

Beberapa hari ini rada beragam servisan yang masuk ke bengkel saya. Dari mulai tv jadul sampai tv lcd, dari tipe yang tumpuk tumpuk kayak apartement, sampai tipe yang modelnya kayak wolkmen jaman dulu,, dari gosokan strika, samapai mesin cuci,, semuanya ada di bengkel saya.

Kali ini yang ingin saya bahas adalah cara service Speaker aktif Suara mendengung. Sebab 2hari kemarin ada 4 speaker aktif masuk ke bengkel saya. Kerusakan nyapun beragam, ada Speaker aktif yang suaranya kecil, ada juga speaker aktif yang Mati total, ada yang suaranya gembrodog, dll. Untuk kali ini yang ingin saya bahas adalah speaker aktif suara mendengung. Sebab kasus ini sering dijumpai dan sering kesulitan melacak letak dengungnya disebabkan oleh apa.

Berdengung pada speaker menandakan ada arus tegangan DC yang masuk ke speaker. Normalnya adalah sinyal AC dengan varian tegangan bermacam macam tergantung input dan kekuatan power amplinya. Speaker aktif ini menggunakan rangkaian OCL 150w strereo. setelah saya cek dan saya bongkar Transistor penguatnya tidak ada yang bermasalah.permasalahan ada di transistor drive nya. Saya dapati transistor Drive dengan tipe BD139 dam keadaan shoort. Penggantianpun saya lakukan. Namun setelah penggantian tersebut belum juga kunjung normal, setelah sya lakukan pengukuran di out pun untuk speakernya disitu masih menunjukan ada tegangan DC. Artinya kalo saya masukakan speaker dipastikan suara masih tetap mendengung.

Penjelajahan pun dilanjutkan, kali ini saya dapati resistor dengan nilai 10k ohm yang menghubungkan atau lebih tepatnya suplay tegangan transistor drivenya putus. saya Coba menggantinyadan setelah saya coba dan ukur di output ke speakernya normal gak ada arus dc yang masuk lagi. speakerpun saya sambung ke pin tersebut setelah saya beri input tenyata keluar suara dengan normal.

Resistor 10k tersebut berfungsi sebagai pengontrol tegangan untuk drive nya, apabila resistor tersebut mati dengan otomatis lebih banyak arus DC yang masuk ke Drive, dan akan lebih dikuatkan lagi pada transistor penguatnya, oleh karena itu output yang dihasilkanyapun menjadi arus DC bukan yang seharusnya.

Demikian sekilas tenyang Cara Service Speaker Aktif Suara mendengung.


No comments:

Post a Comment