Cara Service Printer Canon IP 1300

Printer jenis ini termasuk printer yang tahan banting. IP 1300 series ini di era keluaran pertamanya sangat banyak digemari, karena printer jenis ini termasuk jenis printer yang tidak begitu rewel. Kecepatan cetaknyapun juga lumayan cepat.  Sehingga printer jenis IP 1300 banyak diminati oleh masyarakat pengguna komputer dan printer.

Kurang lebih Seminggu yang lalu saya dapat panggilan untuk service printer jenis ini di salah satu pabrik yang ada di kawasan tiga raksa tangerang. Setelah saya datangi ke pabrik tersebut kondisi printer sudah siap untuk di loak-kan,,, hehehhhe,,, karena memang kondisinya bekas di garap oleh toko service komputer lain. Disitu saya dapati tinta infusan yang berada di samping lepas dan tinta dengan otomatisnya tumpah  ke body printer sejadi jadinya. hehehe.
Setelah saya jelaskan bahwa dengan kondisi seperti itu kami tidak bisa mengerjakanya di tempat, dan meminta ijin untuk saya bawa ke basecamp tempat kami. Setelah surat jalan di buatkan printer kami bawa pulang untuk di service.

Sesampainya di rumah printer saya coba nyalakan untuk melihat kondisi kejiwaanya,,, hehehe,,,  dan benar saja lampu led nyala namun tidak ada satu pergerakanpun dari mesin printer tersebut. berarti bisa di katakan stroek ,, hehehehe,. okelah kalo begitu. Langkah selanjutnya printer saya bongkar satu per satu bagiannya. setelah semua terbongkar unit power suplay saya pisahin bersama unit Mpeg printernya. selain dari 2 unit tersebut bagian yang tadi kami bongkar kami masukan ke ember saya tuangkat bubuk deterjent, setelah terendam semuanya selama beberapa menit saya lanjutkan untuk di cuci. kebetulan cuaca kurang bersahabat jadi hanya kami angin anginkan, setelah itu saya lanjut panasi memakai hair driyer.

Setelah dirasa semuanya kering saya lanjutkan untuk merakit satu persatu komponen printer tersebut. perakitan memakan waktu kurang lebih 1jam. setelah perakitan selesai saya mencoba menyalakan printer tersebut, dan alhasil printer menyala. pergerakanpun normal seperti biasa. namun di pergerakan terakhirnya printer terhenti dan lampu led menunjukan berkedip warna kuning sebanyak 7kali.  ow ini pertanda cartrige bermasalah, karena stok cartrige sedang habis saya mencoba menelpon salah satu teman dan kebetulan teman ada stok. langsung saja meluncur ke toko teman untuk mengambil cartrige tersebut. sesampainya dirumah saya coba dan hasilnya normal.

setelah langkah tersebut selesai langkah terakhir tinggal pemasangan infus, berhubung botol infus yang bawaan sudah dan kurang layak pakai seluruhnya saya ganti menggunakan infus dan botol dari kami. Setengah jam berlalu pemasangan infus selesai hingga pembuatan tempat infus agar lebih aman dan botol infus tidak tumpah dan lebih safety.

percobaan test print hasil pertama masih ada garis garisnya, namun setelah di clean hasil kedua normal, dan sempurna.

Pagi harinya printer saya anterin ke pabrik tersebut, dan tinggal nunggutransferan yang sudah saya sodorkan. hehehhe

demikian sekilas cara service printer IP 1300 semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment