aneh sungguh aneh MATHERBOARD ini

Kemarin saya mendapatkan suatu pelajaran yang sangat berharga.......
Ketika itu aku mencoba me-repair matherboard dengan memakai prosesor AMD Duron 741..
Aku memutuskan mencoba repair matherboard itu karena secara visual masih tampak ok dan komponen elco2nya masih belum mlembung....
langkah pertama saya mencoba merakit dan ingin melihat tampilan BIOS dilayar monitornya... ternyata hasilnya tak ada tampilan...
Akupun mencoba membuka prosesornya....dan didapati kaki prosesor tersebut terjangkit oleh KARAT..."haduhhh....dah pasti prosesornya nich" kata saya dalam hati..
Akhirnya penggantian pun dilanjutkan...kebetulan pas saat itu aku sedang tak ada prosesor sejenis itu....yang ada hanyalah AMD ALTHON425... akupun mencoba menggantinya dengan yang ada...
Setelah terpasang dengan baik aku mencoba menghidupkan matherboard tersebut...walhasil mak nyuss gak nyala juga...haduh harus cari prosesor yang sama nich....
Setelah aku terdiam dan merenungkan sesuatu......dan rokokpun sudah sebatang habis kuhisap....akupun meneruskan petualanganku...dengan mencari info prosesor ditempat temen2ku....ternyata disana mereka juga gak punya......haduhh capek dech...
Lamunankupun kembali berjelajah dengan mengamati prosesor yang ada ditanganku....
Setelah beberapa saat akupun mendapatkan ide kembali...Aku ambil cairan tinner, dengan memakai sikat aku gosok kaki prosesor tersebut, yang telah aku rendam dengan cairan tinner...karena terlalu berkarat akhirnya satu kaki prosesorpun terputus......haduhhhh sia-sia semuanya dech.....karena sudah terlanjur banyak yang aku lakukan untuk matherboard ini akupun memaksakan mencoba untuk memasang prosesor yang telah aku bersihkan tersebut ke soketnya dengan tujuan jadi ya lanjut.. gak jadi langsung tutup aja...karena dah banyak nguras pikiran dan tenaga...
Akhirnya setelah semua terpasang dan akupun mencoba untuk menghidupkan mainboard tersebut....
Ternyata apa yang terjadi...heh....mak lhap....keluar dech tampilan BIOS nya....
sayapun kaget campur gembira...kok bisa...hehehhee....dengan prosesor yang kakinya sudah patah, matherboard masih bisa menyala....langkah selanjutnya akupun memasang hardware yang lain seperti hardisk dan cd room...dan akupun melakukan install dan hasilnya ok!!!
SUATU CERITA YANG MEMBUAT KITA BERFIKIR BAHWA DIDUNIA INI SESUATU YANG KIAT ANGGAP MUNGKIN MENJADI GAK MUNGKIN DAN SEBALIKNYA SESUATU YANG KITA ANGGAP GAK MUNGKIN MALAH MENJADI MUNGKIN.....mohon direnungkan TUHAN ITU MAHA ADIL

2 comments:

  1. tambah aneh saja kerusakannya ko, tidak bisa di terima secara logika kayaknya..

    ReplyDelete
  2. tapi bener wik....itu dah aku alami...sobat kita fahmi saja heran juga!!! gak mungkin katanya....tapi setelah liat kenyataan nya baru dech dia percaya....kejadian itu aku alami bukan di xfan tapi aku kerjakan di rumah...

    ReplyDelete