ternyata menyepelekan pekerjaan bikin apes

Cerita berawal dari ketika saya mendapatkan servisan tv rakitan, merknya sih Sony tampak dari luar....ternyata setelah saya bongkar mesin sudah berubah wujud menjadi mesin Cina Universal.....
Penyakit sebenarnya tv tersebut adalah Vertikalnya gak mau buka, jadi gambar hanya tampak garis horizontal dari kiri kekanan.
Okelah dalam hati saya...Gampang!!!!.
Langkah selanjutnya setelah tv tersebut saya bongkar adalah saya copot semua blok mesinya,lalu saya bersihkan dengan menggunakan kuas....setelah sudah kelihatan bersih saya mencoba pengecekan komponen secara visual. Kelihatanya komponen oke2 saja, gak ada elco2 yang mlembung. Kemudian saya balik PCB untuk pengecekan jalur secara visual juga. Setelah di cek2 ternyata gak ada juga yang open solder.
Tapi walaupun secara visual gak tampak open solder saya pun mencoba untuk melakukan solder ulang.
Setelah selesai melakukan solder ulang sayapun mencoba untuk menghidupkan tv tsbt, dan hasilnya masih nihil tetap saja garis horizontal dari kiri kekanan.
Kemudian langkah selanjutnya saya melakukan pengukuran menggunakan multimeter untuk mengetahui tegangn2 yang masih bermasalah. Ternyata teganganpun oke semua. Berlanjut dengan penggantian ic vertikalnya. Setelah dicoba nyalakan gambar masih tetap saja gak buka.
Lalu saya melakukan pengukuran dibagian Defleksi Yooke, siapa tahu DY nya yang bermasalah dan ternyata DY tv tsbut nyambung alias oke.
Haduhhh udah mulai panik nih....mana yang punya nungguin lagi....Okelah aku masih bisa berusaha tenang...
Kemudian aku mencoba melakukan penggantian elko2 yang terdapat disekitar bagian vertikalnya. Memang sih setelah dicopot elko2 tersebut jadi kelihatan gak meyakinkan..dalam hati saya ada harapan nih setelah ganti elko.
Setelah penggantian elko selesai aku coba menghidupkan tv kembali ternyata hasilnya masih tetap sama saja. Waduh gimana nih gak mau keluar juga. Akhirnya aku ngomong sama yang punya bahwa ini butuh waktu agak lama makanya mendingan tvnya ditinggal dulu aja ya...akhirnya sipemilikpun pergi meninggalkan tvnya tersebut.
Sehari kemudian aku kembali lagi mengerjakan tv tsbut.
Dengan menggunakan jurus tingkat tinggiku, akupun mengecek satu demi satu komponen yang berada disekitar bagian vertikal. Mulai dari capasitor yang kecil2 sampai resistor yang kecil2pun, tidak lewat dari pengecekan saya, dan ternyata oke semua. Haduhhh.......apanya nih kok gak ketemu ketemu......!!!!!
Itulah cerita saya yang menyepelekan pekerjaan dengan beranggapan bahwa kerjaan ini gampang buat saya, yang ternyata sampai sekarang saya masih dipusingkan sama kerjaan tersebut yang belum kelar2 juga.


2 comments:

  1. sudah OK belum ko? harus nyari wangsit dulu tuh... kayaknya..... ha haa...

    ReplyDelete
  2. belum wik....malah sekarang dah dibawa lagi sama yang punya....rejekiku pergi hanya gara2 kesombonganku...hihihiihi..apes dech!!!!!!!!!

    ReplyDelete