repair hard disk

Hardisk merupakan komponen terpenting dari perangkat komputer. Dimana semua data dan semua program2 buat bekerjanya komputer semua disimpan di perangkat ini.
Suatu hari saya mendapatkan servisan komputer yang ternyata kerusakanya adalah hardisk.
Tanpa bingung2 lagi akhirnya komputer tersebut langsung saya ganti dengan hardisk yang baru, dengan memakai windows Xp seperti sebelumnya.
Setelah kamputer tersebut sudah beres, sang pemilikpun saya hubungi untuk mengambil komputernya.
Dan setibanya sang pemilik di tempat saya, dia nanyain apa yang rusak dari komputernya tersebut, lalu saya jelaskan bahwa yang rusak adalah hardisknya. Kemudian dia langsung menanyakan tentang data2nya yang ada didlm kmputer tersebut.
ya langsung saya jawab bahwa datanya gak bisa di ambil karena hardisknya gak di deteck sama sistem biosnya.
Akhirnya si ibu tersebut tetap saja menginginkan datanya yang ada di hardisk yang lama karena sangat penting.
Karena saya pingin nyenengin si pelanggan saya memberikan jawaban 'akan kami uasahakan'.
Setelah si ibu pergi sayapun mencoba2 untuk membongkar hardisk tersebut.
Langkah pertama yang saya lakukan adalah:
Membuka baut yang ada pada board hardisk satu per satu.
Kemudian saya angkat board tersebut lalu membersihkannya pakai cairan tinner.
Setelah itu saya mencoba mengamplas titik temu antara board hardisk dengan kaki yang menghubungkan ke piringan dalam hardisk.
setelah semua langkah dilakukan saya mencoba kembali memasang board hardisk seperti semula.
Dan hasilnya setelah saya pasangkan dengan mainboard cpu, hardisk tersebut bisa loading dan bekarja dengan sempurna seperti sebelumnya.
dan yang penting data2 tersebut terselamatkan.
alhamdulilah akhirnya si ibu bisa tersenyaum gembira.
sepenggal cerita yang mungkin pernah anda alami......semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. biasanya kalau ada kerusakan hardisk langsung kita vonis bad sektor, dll. yang berujung penggantian hardisk.
    ternyata wow.., sungguh tidak diduga, hanya dengan mengamplas bisa kembali OK. mungkin kerusakan seperti ini bisa dikategorikan paling susah, karena untuk mencari solusi tidak mungkin para teknisi PC akan mengamplas. Biasanya pakai cara yang sok teknis, seperti scan disk, HDD repair, dll yang bikin kepala tambah pusing.

    Bagus ko, ilmu2 kayak gini yang susah dicari, karena gurunya adalah kita sendiri. Bagaimana kreatifitas kita berjalan.

    ReplyDelete
  2. iya wik....akhirnya hardisk yang rusak2 saya ripair kembali wal hasil 60percen yang masih bisa ok...yang lain memang piringanya yg udah rusak...hmmm

    ReplyDelete