service tv sharp

Beberapa waktu lalu aku mendapat servisan tv sharp alexander slim II, yang membuat kepala saya kliyeng2....gmana tidak!!!! lha wong service tv klo udah denger yang namanya sharp pasti udah pening duluan hiihihiiii.....
Gini ceritanya ada salah satu pelanggan saya baru beli tv ya kira2 sekitar 1/2th yang lalu datang kepada saya menceritakan bahwa tvnya itu suaranya grebek2 diberengi dengan gambar tvnya goyang.....
Saya mencoba saranin untuk dibawa ke service senternya karena barang tersebut masih garansi...tapi si pelanggan tersebut gak mau karena katanya sama sajalah klo kamu yang service....
Okelah klo begitu trima kasih atas kepercayaan anda kepada saya. Kemudian tv tersebut saya bongkarlah untuk melakukan service. Setelah dicek2 bagian regulatornya ternyata semua oke. Petualanganpun berlanjut ke blok audio karena suaranya grebek2,dalam hati saya mungkin penyakitnya ada di bagian suara. Setelah saya telusuri dengan menggunakan multitester ternyata tegangan 12v pun sampai pada ic tersebut.
Akhirnya akupun mencoba melepas ic audio tersebut dan mencoba menghidupkan tv tersebut dan ternyata gambar yang tadinya goyang menjadi tidak lagi. Perkiraan saya benar ternyata gambar goyang penyebabnya dari audio yang grebek2 tadi.
Akhirnya saya melakukan penggantian ic audio tersebut. Setelah dilakukan penggantian ternyata suara tv tersebut malah lenyab sama sekali gak ada!!!! haduhh matek aku..setelah dicek2 siapa tau ada solderan yang short, ternyata tidak juga...
Dikarenakan kepala udah pening memikirkan kesana kemari belum ketemu juga solusinya akupun berhenti mengerjakan tv tersebut.
Beberapa hari kemudian sipelanggan menelpon saya menanyakan perihal tvnya, kemudian aku jawab belum kelar. Malam harinya akupun melanjutkan kerjaan saya tersebut dengan lebih serius lagi lagi. Saya cek satu per satu komponen sekitar ic audio tersebut. Dan ketemulah transistor tempel dengan seri gak jelas juga karna gak ada tulisanya pokoknya kode komponennya Q302 yang short. Akupun dengan hanya mengawur menggantinya dengan transistor C945. Dan setelah di coba hasilnya suaranya keluar dengan normal dan gambarpun tidak lagi goyang2.....

gambar modif Q302

2 comments:

  1. siip infonya kang bisa buat referensi kalo2 dapat kasus yang sama.

    ReplyDelete
  2. @nugroho...hehehe...kebetulan aja mas dapet kasus sperti itu....sebelumnya juga belum pernah...

    ReplyDelete