Cara Service Monitor Samsung short Capasitor FlyBack-nya

Tadi siang saya mendapat servisan monitor samsung tipe syncmaster 17" flat yang nggak mau tampil gambar. Saat saya coba nyalakan gejalanya adalah lampu led indikator power nyala,, dan dibarengi dengan suara cekrek...cekrek,dari dalam monitor. Bersamaan dengan suara itu lampu led nyala kedip kedip. Tidak tunggu lama lagi monitor saya bongkar, lalu saya lakukan pengukuran pada kabel hv fbt dengan ground,menggunakan X100k pada multitester. Benar saja saya dapati capasitor fbt-nya short. Kemudian saya bongkar papan board-nya. lalu saya bersihkan menggunakan kuas,kemudian fbt saya lepas. Kebetulan stok FBT sedang kosong untuk jenis samsung ini. Tetapi ada cara supaya fbt yang short capasitor-nya ini bisa tetap terpakai, yaitu dengan cara melepas capasitor yang short tersebut dari body fbt,dan dilakukan pengecoran ulang. Saya menggunakan gerinda untuk memotong kemudian melepas capasitor tersebut. Lalu menggunakan lem bakar untuk mengecornya kembali, tujuanya supaya tegangan hv 26kv tidak bocor. Setelah langkah langkah tersebut dilakukan,tinggal menunggu beberapa saat supaya lem yang saya gunakan tadi mengeras. Setelah lem mengeras, dilakukan pemasangan ulang. Setelah semuanya benar benar terpasang monitor saya coba nyalakan. Dan hasilnya mak pyak..tandanya fbt sudah bekerja dengan baik. Kabel RGB saya masukan ke VGA komputer, ternyata monitor nyala normal. Hanya melakukan sedikit pengaturan pada VR fokus,gambar kembali kinclong seperti semula. Alhamdulillah kelar juga pekerjaan ini. Sedikit pengalaman saya semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment