Monitor LG BOO (Tidak Ada Tampilan)

Tadi siang aku ada servisan Monitor LG StudioWork 15" tidak ada tampilan. Langsung saja saya Utak Atik di bagian vidionya. Sebab menurut Filing seorang Tukang Service biasanya kalau tidak ada tampilan itu disebabkan oleh blok vidio yang nggak normal. Setelah melakukan solder ulang di beberapa titik dibagian vidio, maka monitor saya coba nyalakan kembali.. dan hasilnya monitor masih saja belum keluar tampilanya. Akupun melakukan pengukuran tegangan mulai dari tegangan G2,G1,teg vidio 180v,hingga tegangan hiter 6,3v. terdapat kecurigaan pada tegangan hiter yang harusnya 6,3v kini menjadi 1,5v. Wah ini nih penyakitnya..... mau gak mau harus bongkar mainboard nya .... Setelah membongkar mainboard dengan susah payah( biasa casingnya agak ribet kalo dibuka), maka ditemukan diode tegangan hiter sudah terpasang di bawah PCB dengan kondisi pecah. Saya pun melakukan penggantian komponen tersebut beserta elco filternya. Setelah penggantian dilakukan, monitor kembali saya nyalakan. hasilnya monitor nyala kembali normal seperti sedia kala. Wah Wah... ternyata tetep juga kerja keras buka casing segala... kirain hanya solder blok vidio saja. hehehhee. tapi alhamdulillah puas setelah mengerjakannya.

No comments:

Post a Comment