Service Monitor LG 17" Flat

Pagi pagi sudah mendapat panggilan service di sebuah toko komputer. Disana sudah menunggu pasien Monitor LG 17" kondisi mati dengan lampu led power nyala kedip kedip. Setelah saya bongkar didapati elco 1000uf/10v dalam kondisi melembung. Memang sering saya menemukan kasus seperti ini. Elco ini adalah elco filter tegangan 5v dari tegangan trafo power. Mungkin karena nilai 10v pada elco lah yang mempengaruhi komponen ini sering ngembung. Batas nilai rentang dari nilai voltase-nya masih kurang. walaupun rentang sisanya adalah +/- 5v. Setelah saya ganti 1000uf/16v monitor nyala normal. Saya memberi rentangan nilai sekitar 10v jadi nilai itu menurut saya mempunyai jarak yang aman. Dan yang lebih penting lagi monitor sekarang lebih tahan lama.

No comments:

Post a Comment