Cara Service Kipas Angin

Dalam waktu satu bulan ini saya menerima servisan kipas angin lumayan banyak. Kerusakanya pun beraneka ragam. Ada yang mati total, ada yang muter tapi cuma pelan , ada yang select 1-2 tidak fungsi tapi 3 fungsi, dan masih ada beberapa kerusakan lainnya. Tetapi sebagian besar kerusakan adalah mati total. 
Biasanya kerusakan mati total disebabkan oleh putusnya FusePTC yang terdapat di dalam kumparan motor penggerak kipas. Dan putusnya FusePTC tersebut biasanya disebabkan oleh OverHeating motor penggerak. 
Penyebab Overheating motor penggerak bisa dari kesalahan pemakaian (waktu pemakaian yang terus menerus 24jam non stop), atau juga bisa dari keringnya gemuk yang berfungsi sebagai pelicin. 
Namun banyak juga yang disebabkan karena banyaknya debu yang menempel dan masuk pada as poros motor penggerak.
Yang akan saya bahas pada postingan kali ini adalah kerusakan kipas angin yang mati total disebabkan oleh putusnya FusePTC. FusePTC ini adalah sebuah komponen yang sengaja diselipkan didalam kumparan yang berfungsi sebagai pengaman kumparan dari ancaman kebakaran yang disebabkan oleh OverHeating. 
FusePtc mempunyai batas maksimum suhu dibawah 80 derajat celcius. Jadi jika suhu panas yang dihasilkan oleh kumparan melebihi 80 derajat celcius maka FusePTC akan otomatis putus dengan sendirinya sehingga kumparan aman dari kebakaran. Nah dengan putusnya FusePTC tersebut makan Kipas angin tidak akan bisa menyala. 
Cara memperbaikinya adalah kita bongkar semua bagian dari kipas tersebut, seperti baling baling,tutup baling baling dan kita ambil motor penggeraknya. Motor kita bongkar dengan membuka ke-empat baut lalu dengan perlahan kita amati sambungan kabel utama, disana akan terdapat FusePTC yang dimaksud. 
FusePTC kita ganti dengan yang baru sebab di toko elektronik sekarang sudah banyak yang menyediakannya. Setelah penggantian kita ikat kembali semua sambungan hingga rapi. Kemudian tutup kembali mator penggerak.
Dan lakukan penyetelan as kipas supaya putaran as tersebut tidak seret, dan lebih baiknya lagi ditambah dengan gemuk (pelicin). Setelah putaran kipas dirasa sudah pas maka pasang kembali semua bagian.
Akhirnya selesai juga pekerjaan satu ini, kipas kembali bisa muter.



6 comments:

  1. bagi2 dong om......lihat blogku dengan tampilan news hihihi

    ReplyDelete
  2. Google AdSense
    Selamat Anda Google account AdSense Publisher telah disetujui dan berhubungan dengan flixya.com. Iklan Google sekarang akan hidup dan mulai menimbulkan pendapatan.

    Flixya cepat, mudah dan selalu gratis!
    Flixya adalah sebuah platform penerbitan ke blog atau hanya berbagi video dan foto favorit Anda sementara mendapatkan keuntungan 100%. Apakah Anda seorang blogger, penulis atau penulis? Menulis konten informatif dan unik adalah cara terbaik untuk menarik penonton dan tumbuh penghasilan Anda.

    Mulai berbagi video, foto dan blog sekarang.

    ReplyDelete
  3. boleh....!!! wuih blognya jadi keren ya sekarang...dpt tema dari mana tuh????

    ReplyDelete