Service TV Akari 14"

Setelah kemarin pagi saya mendapatkan servisan TV merk Akira,, giliran tadi pagi saya mendapat servisan TV merk Akari. 
Lagi Lagi kerusakannya adalah MaTot (Mati Total). Menurut cerita yang mpunya gejalanya adalah terjadi bunyi seperti terbakar dan mengeluarkan bunga api. "Langsung saja TV saya  matiin" tuturnya.
Setelah dimatiin beberapa saat, kemudian TV kembali di nyalakan, tetapi hasilnya TV tidak mau nyala, atau mati.
Akhirnya TV di bawa ke tempat saya untuk diservice.  Kemudian setelah yang punya pergi meninggalkan TV nya, lalu TV tersebut saya bongkar. 
Saya bersihkan, kemudian saya dapati ternyata ada bekas terbakar yang terdapat di pangkal kabel FBT. Ternyata saking kotornya ditambah kondisi lembab, menyebabkan tegangan HV merambat dan bocor melalui kotoran yang bercampur lembab.
Setelah semua saya bersihkan menggunakan tiner, kemudian FBT saya genti dengan yang baru TV saya coba nyalakan, dan ternyata TV masih belum mau nyala. Kemudian saya cek transistor horizontalnya dan didapati transistor tersebut mati (short). Setelah penggantian transistor tersebut TV saya nyalakan, dan hasilnya sangat sempurna, TV kembali nyala seperti sedia kala.

Hmm...terimakasih Tuhan..!!!

No comments:

Post a Comment