Service TV Akira

Pagi tadi sehabis mandi, tetangga saya yang tinggal di blok D4 datang keRumah saya dengan membawa TV 14" merk Akira. Katanya TV tersebut mati total dan tidak ada Power sama sekali. Gejala kerusakanya, menurut cerita tetangga saya itu adalah saat kemarin mati lampu sebentar terus hidup secara tiba tiba membuat TV nya tersebut tidak mau nyala kembali. Kemudian Dia mencoba membongkar sendiri TV nya dan didapati bahwa keadaan mesin sangat parah, "ada yang hangus" Katanya.
Oleh karena itu Dia tidak berani lagi meneruskan memperbaikinya, dan membawanya ke tempat saya.
Setelah TV sudah dirumah saya, saya mencoba untuk membongkarnya. Dan benar saya dapati di Bagian regulator TV tersebut terbakar sebagian komponennya. Regulator menggunakan IC single 5Q0765 dan beberapa komponen pasif seperti elko, capasitor dan resistor.
Kebetulan dekat dengan tempat saya tinggal ada toko elektronik, jadi sepagi itu pun saya bisa mendapatkan komponen yang saya cari. Setelah dilakukan penggantian komponen itu tv saya coba nyalakan dan hasilnya lampu indikatorpun menyala menandakan sudah ada power masuk. "tapi kok tv masih belum mau start ya, ada apa lagi nih", Gumamku dalam hati.
Ternyata setelah saya lakukan pengecekan ada sebuah elco dengan nilai 470uf/16v terlihat ngembung dibagian atasnya. Kemudian saya lakukan penggantian elco tersebut sekalian melakukan solder ulang untuk setiap blok rangkaian.
Dan setelah saya rasa cukup, TV kembali saya nyalakan, dan hasilnya "mak pyakk" pertanda tv sudah mau start. Setelah menunggu beberapa detik layar TV pun muncul dan pada saat itu pas di chanel SCTV, yang saat itu acaranya inBox.  Setelah saya tunggu beberapa saat TV nyala sempurna maka saya langsung menutup BackCoverNya.
Alhamdulillah pagi pagi sudah dapat servisan yang lumayan nggak terlalu nguras pikiran. Terima Kasih TUHAN!!!

4 comments:

  1. Wah sehabis mati lampu TVnya gak mau bangun lagi ya.. hhh, mantap Ko, dirumah juga dapat krj sampingan.

    ReplyDelete
  2. @ dwi-jo,,,iya wi...listrik daerah saya memang kurang stabil....ya efeknya secara tidak langsung menambah pekerjaan buat saya.!!!hahhaaa,,lumayann

    ReplyDelete
  3. heeebaattt gan. btw kalau TV yang hanya bunyi seperti angin gitu apanya ya Gan (merk TV yang sama?? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ada suara seperti kipas angin di belakang tv biasanya dikarenakan fbt yang bocor,,, biasanya kop fbt yang sudah tidak tidak terlalu nggigit,,,, coba ganti kopnya dulu,,, sekarang banyak kok di pasaran kisaran harga 5rb-10rb,,, semoga membantu

      Delete