Service Tv ICHIKO 21"


Pagi tadi baru bangun tidur tiba tiba tetangga saya lapor kepada saya bahwa tv nya rusak. Dia menceritakan bahwa kemarin ketika hujan gede banget di barengi dengan suara petir bersahutan lagi asik asik nonton tv kok tvnya tau tau mati sendiri.
Kemudian setelah beberapa saat di matiin,, tv kembali di nyalakan tetapi hasilnya tetap nggak nyala,,di barengi dengan suara certtt...
Tidak pake lama saya tandang kerumahnya,,untuk mengecek tv nya yang mati tersebut.
setelah saya cek benar didapati tv nya mati dengan ada suara certtt....pikir saya "wah parah nih..."
Setelah di bongkar tv saya bersihkan dari kotoran dan debu.
Kemudian saya lakukan cek komponen,,, pertama dari transistor horizontal...ternyata transistor tersebut tidak short, pikir saya bunyi ceertt itu dari tr horizontal yang short. Kemudian saya lihat dari atas mainboard tersebut,, baru nampak komponen yang rusak ternyata elko 470uf/35v ngembung bagian atas.
Kemudian saya ganti elko tersebut dan tv saya coba nyalakan...ternyata reaksinya masih sama saja,, tv gak mau nyala dan masih dengan posisi semula tambah suara cerrtt.
Waduh apanya ini kok nggak mau nyala,,sambil saya nyalakan dan ukur tegangan setiap titik ada bau bau yang gak enak(alias terbakar) ee ternyata capasitor filter untuk dioda tegangan 180v nya terbakar,,buru buru saya ganti dengan yang sama.
Kemudian tv saya nyalakan,,Dengan terkaget kaget ternyata tv nyala normal kembali..huhf ternyata biangnya ada di capasitor ini to yang bikin tv gak nyala dan berbunyi...

No comments:

Post a Comment