Cara Service TV Gambar Hanya Bergaris

Tadi salah seorang teman saya saat pulang dari kerja, kebetulan berpapasan dijalan. Katanya TV yang dirumahnya kadang kadang bergaris horizontal. Kadang satu hari gambar normal, tapi kadang malamnya sudah bergaris lagi. Dan teman saya meminta saya datang kerumahnya untuk service TV nya tersebut.
Saya datang kerumahnya. Ternyata TV nya merk Grundig yang sudah berubah mesin Cina. Saya bongkar dan saya bersihkan mesin-nya.
Setelah bersih saya amati ternyata solderan di soket ke defleksi yooke nya open. Saya solder kembali dan saya nyalakan. hasilnya TV nyala normal. Namun untuk mengantisipasi penyakit Vertikal yang lainya elko 100uf/35V saya ganti sekalian.Biasanya elko ini juga sering bermasalah. Saya ganti dengan ukuran Volt yang lebih besar. Yaiti 100uf/50V.
Demikian Cara Service TV Gambar Hanya Bergaris Horizontal.

No comments:

Post a Comment