Gunung Tanggamus Lampung

Gunung ini termasuk gunung berapi yang terletak di kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Gunung ini berada di arah timur laut dari Kota Agung dengan jarak 10 km. Ketinggianya mencapai 2.102 meter diatas permukaan laut. Saya sendiri mengenal Gunung Tanggamus ini setelah punya seorang istri dari daerah Talang Padang, Lampung, yang jaraknya kurang lebih 30km dari gunung ini. Sebelumnya saya hanya tau sedikit tentang gunung ini dari media.
Ternyata Gunung Tanggamus ini merupakan salah satu gunung yang banyak digemari sebagai medan pendakian oleh para Pecinta Alam. Tidak sedikit yang berkemah di puncak gunung ini. Dari para Pramuka sampai siswa siswi sekolah melakukan kegiatan PA.
Disisi lain banyak juga cerita mistis yang didapat setelah melakukan pendakian di gunung ini. Ada yang sampai kesurupan karena kurangnya para pendaki dalam menjaga kesopan santunan mereka atau karena seolah olah menyombongkan diri mereka.
Saya sendiri sebenarnya belum pernah sampai dipuncak Gunung Tanggamus ini. Saya hanya pernah sampai di kaki gunungnya saja. Sebab saat itu ketika ingin melanjutkan sampai kepuncak cuaca sangat tidak mendukung. Sebenarnya ingin sekali mencoba pendakian sampai kepuncak Gunung Tanggamus ini. Mungkin suatu saat nanti saya akan sampai dipuncak tersebut.

No comments:

Post a Comment