Cara Service TV Sharp Q-Vision Hidup Mati

Lama nggak bikin postingan mengenai cara service TV. Kali ini saya ingin berbagi mengenai Bagaimana cara service TV Sharp Q-Vision yang Hidup Mati. 
Siang tadi ada pasien TV , Datang ke bengkel saya membawa TV sharp Q-Vision 21" kadang kadang hidup kadang kadang mati. Gejalanya saat TV masih dingin normal normal saja, tetapi kalo sudah panas TV mati sendiri (stanby).
Langsung saja  TV saya bongkar, saya bersihkan dari debu menggunakan kuas. Saya amati komponen dalam TV tersebut. Ternyata saya menemukan R yang gosong karena panas berlebih. Kode R tersebut adalah R 655 dan R 614. Nilai R tersebut pun juga sudah kabur karena gosong. Kebetulan ada bekas mesin TV dengan jenis yang sama, Saya lihat ternyata nilai R tersebut adalah 1 Ohm.  Saya ganti berikut elko sekitar R yang gosong tersebut.
Setelah penggantian R dan Juga Elko tersebut TV saya nyalakan. Hasilnya TV nyala normal. Saya lakukan Burning sampai menjelang maghrib, TV pun masih nyala normal. TV saya tutup dan saya lakukan Burning lagi hingga saat ini. TV masih nyala normal,,, hmmm  besok tinggal telpon yang punya bahwa TVnya sudah jadi dan nunggu bayaran dech....

1 comment: