Lampung Penghasil Kopi

Di Indonesia memang terkenal juga sebagai negara pengahasil kopi. Kopi yang dihasilkanya pun unik unik salah satunya adalah Kopi Luwak. Sebenarnya bukan dari buah kopinya yang membuat unik, tetapi cara dan proses pembuatanya yang memang sangat unik. Okelah... bukan itu yang akan kita bahas disini, sudah banyak yang membahas masalah itu di banyak tulisan.
Tahukah anda bahwa Lampung adalah termasuk propinsi penghasil kopi. Tentunya sudah pada tahu, karena berkebun kopi di daerah lampung sudah menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduknya. Dulu waktu saya berkunjung ke lampung, saya ikut merasakan bagaimana panen kopi ditengah kebun kopi. Ternyata memang ribet dan memerlukan banyak proses agar hasil kopi tersebut bisa terjual dengan harga yang tinggi.
Sebelunya kita harus menunggu sekitar 7-9 bulan, masa dimana proses dari bunga menjadi buah kopi hingga buah siap untuk dipetik/dipanen.
Untuk masa panennya saja membutuhkan waktu 2minggu - 1 bulan, karena harus memetik semua buah seluas kebun yang mereka miliki. Habis masa panen masih memerlukan waktu sekitar 1-1,5 bulan untuk proses pengeringannya. Setelah dirasa kering sempurna kopi harus digiling untuk melepas kulitnya, dan baru bisa mendapatkan biji kopi yang aslinya.
Nah biji kopi inilah yang akan laku dijual dengan harga tinggi. Biasanya kopi yang kering sempurna dihargai antara 15rb-17rb rupiah per kilogramnya. Dan mereka para petani biasanya bisa memperoleh hasil hingga ber ton ton, apabila kebun yang mereka punyai luas. Oleh karena itu berkebun kopi itu lama karena hasil yang mereka dapatkan setahun sekali. Namun mereka masih tetap bersyukur karena tahun demi tahun hasil yang mereka dapatkan selalu meningkat.

No comments:

Post a Comment