Cara Service Monitor Samsung Gambar Muncul Warna Pelangi

Siang tadi saya mendapat servisan monitor di toko komputer teman. Monitor Samsung 15" warna hitam tombol panel samping, dengan kerusakan gambar muncul warna pelangi dan tidak ada tampilan lain selain itu.
Setelah mengetahui permasalahan-nya monitor langsung saya buka. Saya bongkar mesin-nya, dan sebenar-nya saya sudah tahu penyakit ini biasanya di sebabkan karena bagian penguat Vertikalnya belum bekerja. Atau ada tegangan yang belum masuk ke IC penguatnya.
Kemudian saya lakukan pengecek-kan dibagian tersebut, dan benar saja ada salah satu pin dari IC penguat vertikalnya open solder.
Setelah melakukan solder ulang, secara merata (bukan hanya di bagian vertikal), akhirnya monitor saya nyalakan. Terdengar suara prek,tanda bahwa FBT sudah bekerja. Beberapa saat kemudian muncul OSD yang menyatakan minta untuk dihubungkan ke PC.
Setelah saya colok-kan ke out put VGA muncul tampilan windows dengan normal.
Demikian Cara Service Monitor Samsung Gambar Muncul Warna Pelangi semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. boss mau tanya nich kalau service tv nasional yang masih ada gambar wayang ny itu masih bisa gak..aku mau ganti warna..soalnya dah bosen hitam putih mulu..kalo bisa tlg hubungi saya secepatnya ya..

    ReplyDelete
  2. mas bisa service monitor komputer saya,minta nomer hpnya donk..ohya alamat tempat service nya dmn boss

    ReplyDelete
  3. IC verticalnya yang mana yah boss ?????????

    ReplyDelete