Cara Service Power Sound Mobil Mati Total

Hari minggu kemarin saya di panggil ketempat salah seorang teman di daerah kota bumi, untuk mbenerin 'saund' mobilnya yang mati. Saya datang sekitar jam setengah 2 siang. Sampai di rumahnya terlihat mobil 'Daihatsu Kuda' yang sudah siap didepan rumah untuk saya benerin 'saund' systemnya.
Terlihat dibawah jok depan samping kiri sebuah Power Sound dengan Merk Max audio dengan tipe NA9500.
Saya mencoba untuk nyalakan dari Power REM, namun ternyata powernya benar benar mati. Saya cek tegangan 12V ternyata baik baik saja.
Akhirnya power saya 'exekusi' dan bongkar diluar. Saya mencoba menghidupkan menggunakan 'Accu external', namun tetap belum ada reaksi atau 'tanda tanda kehidupan'.
Akhirnya saya bongkar dalaman 'Power Sound' tersebut. Saya 'urut' setiap jalur tegangan 12 v nya. Ternyata sampai di bagian power Suplay-nya baik baik saja. Namun ada kecurigaan, tegangan 12 V yang masuk ke bagian Protector sekaligus swicth REM nya tidak ada.
Pencarian berlanjut hingga melakukan pengukuran terhadap resistor resistor fuse sekitaran blok tersebut. Namun tak ditemukan satu resistor-pun yang mati.
Ada kecurigaan terhadap jalur 12v yg masuk ke blok tersebut, yang melewati bawah elco primer yang berderet deret.
Dari situ saya coba lepas satu per satu elconya. Dan benar saja ternyata jalurnya putus gara gara termakan oleh keringnya 'lem' yang digunakan untuk lem elco. Setelah penyambungan jalur tersebut, Power saya coba nyalakan, LED kelihatan menyala, kemudian saya sambung speaker external dan saya beri input dari MP3 dan menyala.
Saatnya merakit kembali di dalam mobil. Setelah semua beres power saya nyalakan dan hasilnya suara pun keluar dan bisa musikan kembali.
Demikian Cara Service Power Sound Mobil Mati Total.

6 comments:

  1. hah mantap kali ini cerita...ini mengingatkan aku waktu masih muda dl waktu jadi tukang service keliling....hmmmm

    ReplyDelete
  2. hahahhaaa..... keren gan,,, 'ternyata agan juga pernah jadi tukang service keliling to',,, hehhehe

    ReplyDelete
  3. lain kali kalo sempet service sound sistem mobil saya ya mas,,,tau tuh ga bunyi,,,hehe

    ReplyDelete
  4. boleh gan,,, emai no tlpon di ekonunog@yahoo.com ya....

    ReplyDelete
  5. iya saya dulu freelance tukang service keliling...tapi bukan montir elektro tapi service panci keliling..hehehe beda beda dikit lah

    ReplyDelete
  6. hahahha,,, sama gan,,, yg penting halal hasilnya,,,

    ReplyDelete