Cara Service Speaker Aktif Suara Kecil

Tadi siang ketika sampai di bengkel saya, ternyata ada sebuah speaker aktif yang siap untuk di perbaiki. Ternyata speaker milik mbak yanti yang datang kemarin malam dibawa oleh temenku. Kerusakan-nya adalah suara yang dihasilkan -nya lirih sekali.
Setelah saya bongkar, saya bersihkan mesinnya dari kotoran dan debu, Saya coba pegang inputnya dan ternyata memang suara yang dihasilkan sangat kecil. Saya coba cek bagian power amplinya. Ternyata tak ada masalah di bagian power ampli tersebut. Dan Saya berkeyakinan bahwa yang bermasalah adalah dibagian tone control-nya. Saya cek titik demi titik dengan memasukkan input secara langsung.
Ternyata ketemu yang bermasalah adalah Potensio volume yang sudah rusak. Rusak bukan karena bocor namun short dengan kaki ground. Hambatanya menjadi mengecil sehingga dan cenderung ke ground nya. Saya ganti menggunakan yang baru dengan nilai 50k ohm.
Kemudian saya coba kembali, dan hasilnya speaker aktif kembali normal, dengan suara yang keras. Ow ternyata potensionya yang rusak.
Demikian cara Service Speaker Aktif Suara Kecil, semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. bos ane bli pcb hc-139 rakitan v ane ga bsa pasang kbel2 nya dan ga tau fungsi nya hrus kemana menyambung nya
    bos disini ada lubng2 ksi tau ya
    .folume hrs di sambung ke?
    Dan
    .Actb fungsi ny ?
    .power led fungsi ny
    .LInput R fungsinya ? . .
    .spk gnd fungsinya ? , .
    .L spk fungsi ny ? . .
    .R spk fungsi ny ? . .
    .15va dibwh ny ada CT Fungsinya ?
    kasi tau bos ya ane lagi praktek tugas heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mandiri,,, kalo beli rakitan untuk power ampli biasanya sudah ada tune controlnya,, namun apabila belum ada harus di tambah rangkaian tune control terlebih dahulu untuk volumenya,,
      dan
      lubang A ct B di hubungkan ke trafo ct,, biasanya A untuk tegangan 18v-25vac,,ct untuk 0(nol) nya,, dan B untuk tegangan 18v-25vac,, karena jika menggunakan trafo jenis ct maka tegangan selalu double...

      power led berfungsi sebagai indikator power,, jika power led nyala berarti power sedang bekerja,,

      L&R input,,berfungsi untuk input sinyal suara,, misalnya dari mp3,vcd,dvd,dll

      spk ground,,berfungsi sebagai grounding speaker,,
      L spk,,, sebagai speaker kiri,,,
      R spk,,, sebagai speaker kanan,,

      Delete
  2. Maz q mau tanya kalo spkr aktif suara.a kecil tuh bagai mana cara perbaikan,a
    Dan trafo 1A ct bisa ga wat mengganti trfo 3A pda speaker aktif

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas info service speakernya . Salam kenal dari kami TOA . Blog yg bagus dan menarik

    ReplyDelete