Cara Service TV Mati Standby

Kemarin Salah satu kawan saya datang jauh jauh dari luar daerah,, selain yang pertama untuk sekedar main dan silaturahmi karena sudah lama sekali tidak bertemu, namun dia datang dengan membawa oleh oleh yaitu mesin TV LG 29" yang mati standby. Setelah kami puas mengobrol untuk melepas kerinduan kami pada malam harinya TV saya kerjakan. Saya lakukan cek tegangan satu persatu di setiap titik dan didapati tegangan normal.  Setelah saya amati ternyata mesin TV ini tidak mau nembak. disebabkan oleh tidak adanya input di kaki basis transistor HOT.
Saya lakukan pengecekan untuk input tegangan Driver horizontal. Trnyata teganganyapun ada berkisar antara 15V. Saya melakukan pengecekan terhadap trafo Horizontal drive, Ternyata saya dapati masih oke juga.
Yang terakhir saya lakukan cek pada transistor Driver horizontal, ternyata transistornya putus antara kaki basis dan emitornya.  Akhirnya saya lakukan pergantian transistor tersebut dengan tipe yang sama. Saya nyalakan TV dan terdengar suara pyakkk,,, tandanya TV sudah mau bekerja dan menyala.
Ternyata hanya transistornya doang yang mati,,, Ya alhamdulillah kelar satu pekerjaan. Masih harus menyelesaikan 2 mesin lagi dengan merk yang berbeda. yang satu merk politron dan yang satunya merk sharp. (Istirahat sejenak untuk melepas lelah untuk hari besok yang lebih baik)

9 comments:

  1. SEBERNYA...PGEN BELAJAR MPE BSA TOTAL...CARA SERVICE,,,,ELEKTRONIK,,,,UCIL,,,ANAK,NYA SUKA INGGIN TAU..KARENA...ILMU..BSA,,DI PKAI,,DI MN PUN KTA..BERADA....BY..AREK..PRACI

    ReplyDelete
  2. hehehheh mari belajar bersama sama gan,,, hehhehe

    ReplyDelete
  3. gan untuk merk konka k1438c sama ga ya...

    ReplyDelete
  4. gan saya punya tv LG 21 inc wkt sy pndh kos,tv sy g bs di setel lagi,suaranya hilang n gambarnya gelap.ajari d0ng gan cra perbaikinya..itg2 bwt bljr he he

    ReplyDelete
  5. mas hadi,,, penyakit yang terjadi untuk kasus pada tv merk LG biasanya hanya karena solderan kendor,, coba di buka dan di solder ulang di setiap blok rangkaian,, terutama di bagian horizontalnya,,, makasih

    ReplyDelete
  6. Salam knl gan , ane mo bljr servis tv polytron mx5152m ane nyala sebentar trus redup lalu mati , c507 dah diganti , tapi ga efek gan , mohon dibantu komandan , makasih

    ReplyDelete
  7. Letak transistor tadi ada dmna?

    ReplyDelete
  8. biasanya tv yang diawali dengan pertama nyala lau redup etrus mati gak ada gambarnya disebabkan oleh tegangan heater yang hilang,,, coba ganti soket rgb nya terlebih dahulu,,,

    ReplyDelete
  9. letak transistornya berada di sekitar travo driver horizontal,,,,

    ReplyDelete