Resan (Pohon Keramat)

Tahukah anda apa yang di maksud dengan resan. Resan adalah suatu tempat atau bisa lebih spesifik pohon besar yang di keramatkan. Di daerah Gunungkidul pohon yang di keramatkan sering disebut dengan istilah Resan.
Biasanya resan dianggap oleh masyarakat setempat sebagai tempatnya para leluhur yang telah mendahului kita. Resan ini biasanya dianggap dan diperlakukan secara khusus oleh masyarakat sekitar, Karena dipercayai bahwa akan memberikan suatu pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat sekitar.
Oleh karena itu apabila ada salah satu warga yang sedang mengadakan hajatan makan biasanya harus memberikan suatu sesaji tertentu pada pohon keramat tersebut. Karena dipercaya bisa menjauhkan mara bahaya kepada sang punya hajat.
Sesaji biasanya berupa makanan yang ada di hajatan tersebut, dan di bungkus dengan daun kelapa yang dianyam.
Masih ingat jaman dahulu setiap kali ada yang hajatan pasti sudah siap siap di bawah pohon itu untuk berebutan merebutkan makanan yang disajikan. Setiap pak 'kaum' selesai melafalkan mantra dan doa giliran anak anak kecil yang beraksi merebutkan  makanan-nya. Bukan cuma makanan dan biasanya dibawah makanan ada terselip sejumlah uang. Oleh karena itu anak anak tambah semangat untuk mendapatkan-nya. hehehhe
Mungkin tradisi ini juga masih berlangsung di kampung saya. Namun sekarang saya sudah tidak pernah menjumpai lagi. Terkadang kangen dengan suasana tersebut.
Demikian sedikit wacana dan arti dari Resan mudah mudahan bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment